-->
24 C
en

Pelibatan Komunitas Ojol Rabber dalam Sinergitas Sosial Bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Rawabuaya ...

JAKARTA, KABARRILIS.COM | | Komunitas adalah sekumpulan masyarakat yang hidup dalam nilai-nilai kesatuan, dan kepahaman untuk menciptakan kebersamaan di dalam pandangan-pandangan yang berbeda sebagai pengembangan inovasi dan kreatifitas untuk memberikan dampak langsung. Agar di dalam mewujudkan suatu perubahan bagi anggota-anggotanya adalah menjadi tujuan utama dari setiap komunitas.

Dalam hal ini, pelibatan komunitas dirasa memiliki peran yang cukup strategis sebagai pendamping di masyarakat, oleh karena itu lebih ditanamkan nilai-nilai bagaimana membangun komunikasi yang baik, sehingga dapat memberikan kepedulian, serta terwujudnya satu kebersamaan dalam membangun komunitas dengan di dasari pada hakekat manusia yang tidak bisa hidup sendiri.

Kesadaran akan perlunya menyelenggarakan kopdar bulanan ojek online lintas Rawa Buaya (Rabber). Yang dalam pertemuannya dilaksanakan di base camp BIK jalan Klingkit, pada Jumat (18/02-2022) malam, dengan tidak mengurangi rasa soliditas antar sesama komunitas-komunitas yang tergabung di wilayah Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dengan dihadiri Aipda S. Suhartopo selaku Babinkamtibmas dan Serka Andi sebagai Babinsa Rawa Buaya serta para pengurus Rabber beserta jajarannya. Dalam pembukaan acara kopdar yang disampaikan oleh Jhon selaku Humas Rabber memaparkan dalam susunan acara dari permasalahan yang terkait di komunitas maupun tentang keamanan wilayah (Kamtibmas).

Hal senada yang disampaikan Babinkamtibmas Aipda Suhartopo memberi pesan pada acara kopdar ojol Rawa Buaya, untuk saling mengingatkan, "agar para orangtua untuk lebih memperhatikan kepada anak-anaknya, terutama yang masih duduk dibangku sekolah supaya tidak terlibat tawuran," Karena dengan sudah masuknya tahap pembelajaran di sekolah seperti yang pernah terjadi kemarin tawuran antara pelajar sekolah, "jangan sungkan untuk menelepon dan memberikan informasi, apabila ada hal-hal yang mencurigakan dan tetap menjaga kekompakan terutama kesehatan rekan-rekan semua," ujarnya Suhartopo.

Dalam kesempatan yang sama pula, Serka Andi mengungkapkan, "Saya senang bisa kembali bertugas di wilayah Rawa Buaya, terkait dengan memasuki datangnya bulan puasa. Saya dan Bimas di Rawa Buaya siap untuk berpatroli bersama rekan-rekan karena tindak kejahatan pada bulan puasa biasanya semakin meningkat dari adanya tawuran, pembegalan, serta penjambretan dan bagaimana untuk mengantisipasi keamanan di wilayah," ungkapnya Andi.

Karena setiap warga negara Indonesia berkewajiban dalam membangun keamanan dan ketertiban di masyarakat, sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat (1). Sebagai bentuk Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), "Saya juga ingin kegiatan positif ojol Rawa Buaya ini tidak hanya diketahui oleh Babinkamtibmas, Babinsa dan Kelurahan saja, tapi masyarakat pun mengetahui apa sih program para rekan-rekan ojol di Rawa Buaya," sambungnya.

"Kita harus tunjukkan kepedulian di masyarakat seperti swadaya beramai-ramai dalam hal membersihkan lingkungan tempat kita, setidaknya seminggu sekali maupun sebulan sekali dan program Kamtibmas agar warga bisa mengetahui ini loh program ojol Rawa Buaya agar supaya kita semakin dekat dan dikenal oleh masyarakat," pungkas Andi.

Dan tidak kurang pula dalam kopdar tersebut, ucapan yang disampaikan dari Ketua Rabber, "Saya berterimakasih atas kehadiran dan juga arahan serta masukan, yang mana telah disampaikan dari Babinkamtibmas Aipda Suhartopo maupun Babinsa Serka Andi sebagai kepala keamanan di wilayah Rawa Buaya. "Dengan adanya program ini bisa sedikitnya imej bahwa ojol yang urag-uragkan di mata sebagian orang dapat merubahnya dari arahan dan bimbingannya," jelasnya, Agung. Kemudian dilanjutkan pada penutup acara dengan pembacaan doa bersama yang di pimpin oleh Isro selaku pengurus dari Komunitas Rabber.

(J'Bon)
Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment