-->
24 C
en

Babinsa Koramil 04 Cengkareng Bantu Usaha Pembudidayaan Maggot dan Budidaya Lele di Kampung Pancasila

JAKARTA, KABARRILIS.COM | | Kodim0503/JB Bermula dari Babinsa Koramil 04/ Cengkareng Kodim 0503/JB, Serka Iwan Sunendi melihat tumpukan sampah rumah tangga yang ada di sekitar ruko 1000 kampung Pancasila Jl. Kamal Raya RT013/08 Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, kemudian mengajak pengurus RT013 dan warga sekitar dibantu oleh dinas Lingkungan Hidup kecamatan Cengkareng untuk memanfaatkan Limbah tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Babinsa Cengkareng Barat Serka Iwan dengan dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Cengkareng beserta pengurus RT013/08 memulai pembudidayaan Maggot dan Budidaya Lele dengan memanfaatkan sampah sayur sayuran dan buah-buahan yang kemudian dipilah dan digiling dengan mesin kemudian di jadikan Pakan untuk Maggot.

Serka Iwan S menjelaskan bahwa Maggot tersebut berproses mulai dr ulat, Pre Pupa, kemudian dipisahkan ke tempat tertutup berubah menjadi Lalat selanjutnya Lalat jantan dan Betina Kawin, Setelah itu lalat jantan Mati dan Lalat Betina Bertelur kemudian telur tersebut dipisahkan kemudian menjadi ulat kembali demikian proses sirkulasi dari Pembudidayaan Maggot.

"Ulat Maggot tsb juga bisa di manfaatkan sebagai pakan bagi pembudidayaan Lele dan Pakan burung peliharaan karena mempunyai protein yang Tinggi", ungkap Serka Iwan.

"Pembudidayaan Lele ini dimulai dr pembelian Bibit Lele kecil kemudian diternak menjadi besar dan dimanfaatkan untuk konsumsi sendiri, masyarakat dan pengepul Lele untuk dijual sebagai usaha pecel Lele di wilayah kecamatan Cengkareng", Tambah Babinsa. 

*Suhatno*. (Pen 04/CK)
Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment