-->
24 C
en

Tidak Berpotensi Tsunami, Gempabumi Tektonik M5,5 Hingga Susulan M4,2 Guncang di Sukabumi

JAKARTA, KABARRILIS.COM | | Kejadian dan Parameter Gempabumi, kabar tersebut disampaikan melalui unggahan Instagram @infobmkg pada hari Rabu, 16 Maret 2022 pukul 10.00.01 WIB wilayah Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa tektonik. 

Menurut hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,94° LS ; 106,94° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 113 km arah Tenggara Kota-Sukabumi-Jabar pada kedalaman 10 km. Tidak berpotensi Tsunami.

"Pusat gempa berada di 113 km Tenggara Kota-Sukabumi-Jabar dengan kedalaman 10 Km, tidak berpotensi tsunami," tulis akun Twitter dan Instagram BMKG.

Dampak yang terjadi Gempabumi

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dan Cianjur dengan skala intensitas IV MMI, Garut, Pandeglang, Bayah, dan Panimbang dengan skala intensitas III MMI, Lebak Selatan, Cilegon, dan Sukabumi dengan skala intensitas II-III MMI.

Gempa juga dirasakan di Jakarta, Banjar, Bandung Barat, Purwakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Bekasi, Depok, dan Serang dengan skala intensitas II MMI.

Yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. 

Dengan demikian, dikutip dari laman BMKG.go.id gempa susulan terjadi pada pukul 11.06.43 WIB dengan magnitudo M4,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,9° LS ; 107,04° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 109 km pada kedalaman 16 km. 

Guncangan susulan tersebut dirasakan di II Singajaya, II Cidaun, II Agrabinta, II Cidora, namun tidak berpotensi tsunami.
 
Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.***

Penulis: Za/Ad
Sumber: BMKG
Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment