-->
24 C
en

Bersama Satgas Pemeliharaan DAS dan PT. Antam Menjaga Ekosistem Cikaniki

Laporan : Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Satuan Tugas (Satgas) Pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikaniki Kecamatan Nanggung dengan PT. Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor. Tbk, melakukan upaya menjaga kebersihan sekaligus melindungi ekosistemnya.

Kegiatannya juga dibantu oleh seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Kepemudaan dan Komponen lainnya di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sabtu 10 Juni 2023.

Menurut Jani Nurjaman, Ketua panitia pelaksana, kegiatannya dilaksanakan berbarengan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus masih dalam Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke 541.

"Sebagai bentuk implementasi, dengan melakukan kegiatan positif yaitu dengan membersihkan das Cikaniki, yang melintas wilayah kecamatan Nanggung. Karena sungai Cikaniki ini merupakan sumber kehidupan masyarakat.

Karena ini penting kami lakukan, mengingat (aliran) sungai cikaniki ini merupakan kewajiban kita untuk menjaga dan memeliharanya agar kali terjaga kelestariannya dan dapat dipergunakan oleh masyarakat," kata Ketua Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) Nanggung kepada wartawan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Jaro Jani sapaan akrabnya, mendapat suport dari PT. Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor. Yang disampaikan Manager Corporate Social Responsibility (CSR) A. Rahman Saleh.

"Kami dari pihak Antam juga, ingin mengetuk hati masyarakat dengan melakukan kegiatan moril, dengan turun ke sungai Cikaniki. Untuk memungut sampah disini, supaya masyatakat juga tahu bahwa kita memiliki sungai Cikaniki yang patut kita jaga," ucapnya.

Selain kegiatan bersih-bersih Sungai, pihaknya juga melakukan penaburan benih ikan untuk menjaga ekosistem pada aliran sungai Cikaniki tersebut.

"Mudah-mudahan dengan begini sungai cikaniki ini bisa lebih bersih lagi karena ini (sungai cikaniki) pada saat (musim) kemarau sungai cikaniki dibutuhkan oleh warga," pungkasnya.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment