-->
24 C
en

Apresiasi Ruang Jurnalis Bagi Pemdes dan Kasepuhan Malasari Menggelar Agenda Seren Taun

Laporan : Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Ruang Jurnalis (RJ) Komunitas creative para penulis Online, mengapresiasi kegiatan rutin Seren Taun yang dilaksanakan setiap memasuki tanggal 1 Muharram (Tahun Baru Islam) oleh Kasepuhan Malasari, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

"Kegiatan ini merupakan upaya yang di lakukan kasepuhan, bersama dengan pemerintah desa Malasari, untuk tetap menjaga tradisi dari pergeseran budaya khususnya generasi muda," ungkap Ipay ketika hadir di Rumah Abah Odon Jum'at 20 Juli 2023, ketika kegiatan acara Seren Taun di gelar.

Dia mengatakan, pergeseran budaya bisa saja terjadi, akibat dari pesatnya perkembangan jaman, seiring dengan kemajuan teknologi.

"Khususnya bagi kaum milenial, pada saat ini mereka lebih tertarik dengan game online, yang notabenenya tidak ada pemahaman tentang kebudayaan, walaupun tidak semua anak muda begitu," ujarny.

Sementara menurut Hamdan Yuafi, Ketua Panitia Pelaksana Seren Taun Kasepuhan Malasari, kegiatannya sebagai upaya untuk mempertahankan.

"Kita harus ingat asal usul, kalau kata bahasa Sundanya 'Ulah Poho Kana Purwadaksi' acara itu bagian dari ini. Dengan tema Ngahiji, Ngajadi Hiji, Tradisi Ngajari Diri artinya kita harus tetap bersama dalam menjaga etika dan budaya secara bersama-sama," ujarnya.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment