-->
24 C
en

Wayang Golek Menjadi Penutup Acara Kegiatan Seren Taun Desa Malasari


Laporan : Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Ucu Sekretaris Desa (Sekdes) Malasari dari Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Menyampaikan agenda Seren Taun, sebagai acara rutin dalam menyambut tahun baru Islam pada 1 Muharram 1445 Hijriah.

Ucu menjelaskan, kegiatan Seren Taun akan dilaksanakan selama 3 hari secara berturut-turut, mulai hari Kamis sampai Sabtu 23 Juli 2023, rangkaian kegiatan acara seren taun kasepuhan Malasari tahun 2023.

Hari Kamis 20 Juli 2023, diawali oleh ngadiukeun (pembukaan keseluruhan acara) oleh kasepuhan Abah Odon di lanjutkan festival muharam 1445 H, siang Perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an atau MTQ, malamnya khataman Al-Qur'an 30 juz terakhir tasyakuran dan ngariung kolot," katanya.

Masih kata Ucu, acara pada hari kedua, Jum'at 21 Juli 2023, diawali dengan Ritual Adat Seren Taun dan Sedekah Bumi, Ngasupkeun Pare Ka Leuit (Menyimpan Padi Ke Lumbung).

"Simbolis penanaman bibit pohon dan Ikan dan kumpul ngariung tani. Sorenya marawis, hadroh dan gambusan, lalu menjelang puncak acara tabligh akbar dan memperingati tahun baru hijriyah 1445 H, diisi dengan santunan yatim," ujarnya.

Acara terakhir Sabtu 22 Juli 2023 yaitu Festival Dongdang dan Arak Arakan dan Pemasrahan Arak Arakan (Hasil Tani) Ke Kasepuhan dilanjutkan oleh Mapag (menyambut) rupa-rupa hasil pertanian oleh kasepuhan dan tokoh masyarakat.

"Setelah istirahat, sholat, makan. Acara dilanjutkan dengan pentas seni lokal itu berupa debus pencak silat, sambutan dan pemaparan seren taun. Malamnya pembagian hadiah perlombaan, pagelaran wayang golek serta terakhir penutupan rangkaian acara oleh kasepuhan," terangnya.

Ucu mengatakan, kegiatannya yang sedang berlangsung pada hari pertama itu adalah lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ).

"Hari ini festival muharramnya lomba mtq tingkat desa yang sedang berjalan," tulisnya melalui applikasi perpesanan, Kqmis 20/07/23.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment