-->
24 C
en

Eko Printing, Target Edukasi Anak Muda Program IAAS - LC - IPB Bogor Tahun 2023

Laporan : Ipay Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - International Association of Student in Agricultural and Associated Science - Local Committee - Institut Pertanian Bogor (IAAS - LC - IPB) University melakukan edukasi kepada para pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Kota Bogor. Sabtu 02 September 2023.

Edukasi berupa daur ulang dari pakaian bekas, yang sudah pudar atau kusam warnanya, sehingga bisa dipergunakan kembali untuk mengurangi limbah dengan menggandeng Arae Printing.

"Kami selalu berusaha meningkatkan kepedulian anak muda dan target kita saat ini adalah SMA Negeri 10 Bogor, terhadap limbah fast fashion sebagai penyumbang terbesar nomor 2 dunia," ujar Yumiko Ketua Pelaksana kegiatan di sela-sela acara.

Yumiko menjelaskan, Eko Printing yaitu pewarnaan yang menggunakan bahan alami dari tumbuhan, yang diterapkan kepada pakaian bekas.

"Kalau untuk workshop ini kita berusaha untuk mendaur ulang baju bekas layak pakai, dengan memakai metode eko printing, diwarnai ulang dengan warna alami dari daun, termasuk tata caranya kepada para siswa," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) IAAS - LC - IPB Bogor Alya Khaerunisa Lubis mengatakan, kegiatannya digelar dalam rangka menanggulangi krisis iklim.

"Untuk memberikan edukasi terkait dengan pertanian dan juga lingkungan kepada para pemuda, pada tahun ini temanya bagaimana menjaga lingkungan, untuk menciptakan iklim yang baik, untuk menanggulangi krisis iklim," katanya.

Arsal Wakil Kepala Sekolah SMAN 10 Kota Bogor, mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh IAAS-LC-IPB Bogor Universiti, untuk memupuk kepedulian dari siswa-siswinya terkait limbah Fast Fashion.

"Mengajarkan kepada peserta didik kita itu, tentang teknik eco print, yang diharapkan kedepannya, para siswa - siswi mampu memanfaatkan baju-baju, untuk didaur ulang kemudian bisa dimanfaatkan dikemudian hari," katanya.

Sementara itu menurut Abdul Azis, eko printing memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan dari semua sisi, utamanya untuk mengurangi dari Fast Fashion. 

"Untuk visi bisnis eko printing itu sangat menguntungkan dan sangat disarankan, karena di 2024 mendatang masyarakat Indonesia atau masyarakat dari manca negara akan terfokus pada sistem ini," ujarnya.

Masih kata Abdul Azis, eko printing itu solusi untuk mengurangi adanya limbah Fast Fashion, sehingga menurunkan adanya pencemaran lingkungan.

"Kembali lagi kepada lingkungan bagaimana cara merawat bumi, dengan cara mengurangi limbah khususnya di industri fashion ini, yang kita sampaikan kepada kaum muda, jangan sampai kita merusak bumi dengan insdustri fashion," pungkasnya.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment