-->
24 C
en

Inilah Penerapan Dari Dana Samisade Nanggung Pada Tahun 2023

Firmansyah, Sekdes Nanggung Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor di Ruang Kerjanya

Laporan : Ipay Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Satu Milyar Satu Desa akrab disapa Samisade, menjadi program unggulan dalam pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Kabupaten Bogor, memiliki manfaat luar biasa yang langsung dirasakan masyarakat.

Salah satu diantaranya Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, memanfaatkan dana samisadenya untuk memperkokoh jalan lingkar Desa, yang berupa Tembok Penahan Tebing (TPT). 

Firmansyah Sekretaris Desa (Sekdes) Nanggung ketika dijumpai di Ruangan Kerjanya, Selasa 05 September 2023 menyatakan, totalnya usulan pengajuan Samisade Rp 1.000.000.000 akan tetapi baru 60 persennya cair di tahap satu.

"Dari enam ratus juta rupiah yang kami terima saat ini, langsung direalisasikan sesuai ajuan, pembangun infrastruktur sarana penunjang masyarakat," ujarnya.

Menurut Firmansyah, pembangunannya berupa Tembok Penahan Tebing (TPT) dan sarana penunjangnya termasuk di dalamnya pembukaan akses jalan,

"Pembangunan tpt di kampung Kebon Awi 22 kubik dan rabat beton 27 kubik, hotmiknya panjang 200 meter dengan lebar 2,5 meter. Pembukaan jalan 550 kubik berikut pengerasan jalannya 60 di kali 3 meter," katanya.

Untuk Kampung Nangela, Firmansyah melanjutkan, "pembangunan tpt volume nya 112 kubik dan rabat betonnya 52,20 kubik, serapan anggarannya mencapai Rp. 247.167.000.00," tambahnya.

Masih kata Firmansyah, pembukaan jalan Kampung Siranggap memakan anggaran terbesar dari serapan dana Samisade sebesar Rp. 509.175.000.

"Pembukaan akses jalan baru kampung Siranggap ini, adalah jalan alternative yang mana sering dilalui atau di akses masyarakat mulai dari RW 05 sampai RW 09, yang menyerap biaya terbesar. Untuk serapan biaya terkecilnya adalah pembangunan di kampung Kebon Awi nilainya Rp. 243.658.000 dan ini semua progres pembangunan dari Samisade dana tahap 1 dan 2 tahun 2023," ujarnya.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment