-->
24 C
en

Jalan Lingkar Lintas RW Menjadi Target Prioritas, Serapan Dana Sami Sade Leuweungkolot

Elly Ketua TPK Pembangunan Akses Lintas Anggaran Samisade 60 Persen 2023

Laporan : Ipay Raga Sukma. 

Kabarrilis.com, Bogor - Kejar target pekerjaan jalan lingkar kampung Desa Leuweung Kolot, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, yang melintasi area pertanian dan pemukiman, sebagai jalur strategis dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Anggaran Pembangunan infrastruktur yang gunakan bersumber dari dana Satu Milyar Satu Desa (Sami Sade) tahap pertama tahun 2023, sebesar 60 persen atau setara dengan 600 juta Rupiah.

Proses Pelaksanaan Betonisasi

Elly, Ketua Tim Pelaksanaan Kegiatan (TPK) menuturkan, dana samisade yang 60 persen pada pencairan tahap awal, digunakan membangun betonisasi jalan bersama dengan penujangnya.

"Pertama membuat tembok penahan tanah, sebagai penguat utama jalan sepanjang 566 meter kiri kanan, lalu pengerasan dan betonisasi jalan," kata nya kepada wartawan, Kamis 21 September 2023.

Dia menyatakan,dalam pelaksanaannya ada pembangunan yang tidak ter-cover dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) yaitu jembatan sebagai akses lintas.

"Untuk pembangunan jembatan itu swadaya, karena itu termasuk lintasan urgent, volume betonisasi jalan panjang 407 meter, lebar 3 meter dan tebalnya 20 centi," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Elly mengaku optimistis pekerjaan dapat diselesaikan dalam tempo selama 1 bulan, walaupun ada beberapa kendala yang dihadapinya.

"Target pengerjaan optimis selama satu bulan, karena tenaga pekerja sendiri itu dari masyarakat wilayah lokal, untuk kendala pengerjaan dari air termasuk teriknya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) 1 Muklas mengatakan, pembangunan jalan lingkar wilayah RW 01 - RW 04 sangat berguna sebagai penunjang masyarakatnya.

"Pembangunan infrastruktur jalan lintas lingkar tembusan melingkar RW 01 ke RW 04, sangat berguna sekali bila mana ada kegiatan di masyarakat, kita tidak kesulitan karena ada jalan alternatif. Serta manfaat jalan ini yaitu untuk mobilisasi umum dan juga untuk akses pertanian masyarakat,"ujarnya.

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment