-->
24 C
en

Kades Bersama BPD Situudik Tampung Aspirasi Warga Melalui Musrenbangdes

Laporan : Ipay Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jayanul Iman, Kepala Desa (Kades) Situudik Mamat Sudin berserta jajaran dari pihak Kecamatan Cibungbulang, menggelar rapat Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) didalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2024.

Menurut Mamatsudin, Musrenbangdes adalah wadah usulan dari masyarakat, yang sebelumnya telah dirumuskan di tingkat wilayah Dusun.

"Waktu rapat itu tadi memang banyak keinginan dari masyarakat yang masuk, diacara musrenbang desa ini sifatnya itu hanya penyampaian saja, yang telah melalui proses musyawarah di tingkat bawah yakni pada musdus," katanya.

Dia mengatakan, usulan yang sudah di rancang pada tahun sebelumnya, belum bisa semuanya terealisasi, akibat dari adanya ketidak seimbang anggaran dan kebutuhan.

"Dari tahun ke tahun semua usulan itu tidak terakomodir semuanya, di tahun berikutnya dalam tahap pelaksanaan, karena tidak sebanding antara dana yang ada, dengan kebutuhan yang diharapkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Jayanul Iman di Ruang Kerjanya menyampaikan, usulan yang telah masuk rata-rata adalah tentang pembangunan infrastruktur.

"Hari ini kegiatan musrenbangdes yang dihadiri tim dari kecamatan, yaitu Kasie Pemerintahan, saya selaku ketua BPD menetapkan program untuk tahun 2024 - 2025. Untuk usulan yaitu banyaknya pembangunan jalan lingkungan," katanya.

Padahal menurut Ia, banyak usulan lain yang bisa disampaikan dalam kegiatan musrenbangdes dan itu telah dikritisinya dalam forum rapat tersebut. 

"Mengkritisi persoalan adanya usulan - usulan yang mana itu hanya sebatas pembangunan infrastruktur jaling saja, kenapa tidak yang lain. Masih banyak yang harus di perhatikan yaitu seperti kesejahteraan masyarakat atau peningkatan ekonomi masyarakat," ujar Jayanul Iman.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment