-->
24 C
en

Kepala BPSDM Kemendagri Tekankan Pentingnya Kecerdasan Emosional Petugas Damkar dalam Melayani Masyarakat

Kabarrilis.com   |  Bogor – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono menekankan pentingnya kecerdasan emosional petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam melayani masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Pemadam Kebakaran Kualifikasi Pemadam 1 di Kabupaten Bogor, Senin (22/7/2024).

Kegiatan tersebut digelar melalui Balai Pengembangan Kompetensi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kemendagri. 

Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan keterampilan petugas Damkar dalam menghadapi berbagai tantangan. Ini termasuk memperhatikan kecerdasan emosional dan spiritual yang diperlukan dalam menjalankan tugas.

“Saya ingin menegaskan pentingnya peran Pemadam Kebakaran sebagai bagian integral dalam menjaga ketertiban umum dan melindungi masyarakat,” kata Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng juga menekankan pentingnya pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual. 

“Keberhasilan Diklat tidak hanya dari segi pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga dari kecerdasan emosional yang kuat dan nilai-nilai spiritual yang ditanamkan dalam setiap tugas Pemadam Kebakaran,” jelasnya.

Selain itu, dirinya berharap, kegiatan ini dapat mempersiapkan para petugas Damkar dalam menghadapi fenomena cuaca ekstrem dan mengantisipasi potensi kebakaran di berbagai lingkungan. 

"Standar Pelayanan Minimal harus dipatuhi untuk memastikan [petugas] Pemadam Kebakaran siap dan efektif dalam setiap situasi," tandasnya. 

Laporan  :  Adhi Wijaya
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment