-->
24 C
en

Gerbang Emas Desa Nanggung Telah Siap Manggung


Ipay, kabarrilis.com, Kabupaten Bogor || Gerbang Emas (Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kreatif Pemerintah Desa (Pemdes) Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.


Gerbang Emas sendiri memiliki filisofi nyata dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat - Bumdes - Pemdes bagian cycle yang saling menguatkan diantara satu dengan yang lainnya.


Sebagai penguatan wadah bagi berjalan nya usahanya dirintis Komisaris Utama Bumdes Gerbang Emas Ahmad Sodik, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dikerjasamakan dengan Perguruan Tinggi (PT).


"Tahun ini kami sudah melakukan kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi, untuk mempelajari akuntansi standar, yang memudahkan untuk pelaporan keuangan dari para pengurus Bumdes. 


Karena jaminan kepercayaan atau trust nya masyarakat ada disitu, di BUMDES Gerbang Emas ada direktur mencakup secara keseluruhan ada bendahara, sekretaris, serta para kepala unit," kata Ahmad Sodik.


Salah satu gerakan yang dilakukan oleh Ahmad Sodik yang juga sebagai Kepala Desa (Kades) Nanggung, yaitu sampah yang bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat


"Gerakan ekonomis itu adanya sampah, sampah yang bisa di daur ulang banyak jenis-jenis sampah, artinya ada sampah yang memang bisa dijual selain itu bisa dijadikan produk.


Misalkan sampah organik bisa dijadikan pakan magot, seperti limbah dapur dan samapah non organik bekas Pampers bisa jadi pot bunga tinggal ketelatenan kita semua," ungkapnya.


Soal modal itu nomor kesekian, lanjut Ahmad Sodik, artinya bagaimana ini ada link tertentu yang memang secara ekonomis, soal itu pangsa pasar nya sangat mudah bisa jadi perputaran kalau pun modal itu juga tidak terlalu besar. 


"Biasanya pengelolanya PKK, mereka ibu - ibu datang untuk menimbang dan membawa buku tabungan, kalau mau di bayarkan secara cash hari itu juga kita bayar secara cash. 


Tugas bumdes sendiri hanya membayar dan menerima sampah yang dijual tadi, misalkan plastik sekian kalengan sekian tinggal sharing profitnya dari harga jual," ujarnya.


Empat bidang usaha yang ada dikelola oleh Bumdes Gerbang Emas, menurut Ahmad Sodik digerakkan langsung oleh masing - masing Kepala Unit sebagai penanggungjawab pengelolaannya.


"Kepala unit yang bergerak di bagian pelaksana usahanya, ada empat unit pelaksana usaha, unit perdagangan lebih kepada kompotitor diperkotaan misalnya nanti punya ATK juga.


Outlet ekonomi creative yang dititipkan pada usaha mikro, kecil dan Menengah (umkm) se - Kecamatan Nanggung, jadi

semuanya bisa kita sinergikan di dalam mengembangkan usaha-usaha kecil dan terbuka untuk semua. 


Kami selalu welcome pada masyarakat, artinya jika Dia sudah lama tidak bisa berjualan, karena kendala tidak adanya lahan, jadi disediakan oleh kami dengan harga sewa sehari misal nya 10 ribu atau 15 ribu masuk ke BUMDES.


Saat ini berdasarkan hasil dari untaian perjalanan dengan diiringi pengalaman, sehingga Bumdes Gerbang Emas Desa Nanggung sudah siap untuk Manggung, " pungkas Ahmad Sodik didalam obrolan santai dengan kabarrilis.com, Jum'at 16 Agustus 2024 di Kantor Desa Nanggung.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment