-->
24 C
en

Jani N : Support Pergerakan Komunitas Penjaga Sungai Cikaniki Bersih Bersama PT. Antam

 


Ipay, kabarrilis.com - Kabupaten Bogor | Program kegiatan bersih-bersih sungai untuk menjaga kebersihan dari sampah organik dan non - organik serta limbah berbahaya lainnya, terus dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) dari Komunitas Penjaga Kali Cikaniki.


Bersih-bersih Sungai Cikaniki berkerja sama dengan PT. Aneka Tambang Tbk, disupport Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Nanggung, Kabupaten Bogor.


"Rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh organisasi peduli kali cikaniki, dalam hal ini satgas cikaniki dengan menamakan dirinya komunitas penjaga kali cikaniki, yang mana kami atas pemerintahan desa sangat mendukung adanya satgas ini," ujar Jani Ketua Apdesi Nanggung di Kantor Desa Kalongliud.


Menurut Jani Nurjaman, Satgas yang di bentuk memiliki tugas khusus, diantara nya itu menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikaniki yang melintasi di wilayah Kecamatan Nanggung.


"Karena sungai ini merupakan sumber utama kehidupan untuk warga, dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan dan air tersebut dimanfaatkan aktifitas kehidupan masyarakat sehari-hari.


Bukan hanya sebatas itu saja, namun juga menjaga habitat flora dan fauna sumber kehidupan yang ada disekitar aliran sungai," ungkap Kades Kalongliud Rabu 07 Agustus 2024.


Keberadaan satgas ini, lanjut Jani, untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat disepanjang aliran sungai dengan menjaga kelestariannya dengan tagline 'Cai Herang Warga Tenang'


 "Atau Air Bersih Warga Tenang, itu lah motto acara yang dilaksanakan hari ini, karena dimusim kemarau seperti di saat ini hampir seluruhnya masyarakat kami, khususnya Desa Kalong Liud 40 persen menggunakan air Sungai Cikaniki.


Selain untuk kegiatan MCK atau minum sampai membuat sumur dipinggiran kali cikaniki, akibat susahnya sumber air di Desa Kalong Liud. Jadi kami sangat mengapresiasi kepada masyarakat, khususnya kepada Komunitas Penjaga Sungai Cikaniki.


Dengan berbagai bentuk kepedulian, kepedulian mereka menjaga lingkungan disekitar aliran Sungai Cikaniki dengan benar-benar peduli tentang kebersihan disekitaran aliran sungai untuk menjaga kelestarian serta kebersihannya Sungai Cikaniki," papar Jaro Jani Sapaan akrabnya.


Masih kata Jaro Jani, waktu tadi pun kami langsung melaksanakan rangakaian kegiatan dialog atau diskusi, bersama dengan seluruh jajaran yang terlibat di Sungai Cikaniki.


"Dalam hal ini pihak Forkopimcam Nanggung dan PT. Aneka Tambang Tbk bagaimana caranya ini satgas tersebut tetap berjalan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.


Agar masyarakat hadir dengan sadar untuk tidak mencemari serta mengotori Sungai Cikaniki ini, terbebas dari Aneka sampah (organic / non organik) bahkan limbah," tegasnya.

Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment