-->
24 C
en

KH Abdul Hakim Mahfudz Cucu KH Hasyim Asy'ari Akhirnya Ditetapkan sebagai Ketua PWNU Jatim

Kabarrilis.com   |  Jombang  -  Rapat gabungan syuriah dan tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akhirnya menetapkan cucu pendiri NU Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, yakni KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin), sebagai nakhoda baru Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Sabtu, ( 03/08/2024).

Sebelum dilakukan pemilihan muskerwil yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dilaksanakan beberapa agenda diantaranya adalah:

Pada hari pertama, Jumat (02/08/2024) kegiatan akan dibuka dengan Khotmil Qur'an pada pukul 05.00-15.00 di 17 MWCNU se-Kabupaten Jombang dan satu majelis di Pondok Pesantren Tebuireng. 

Sedangkan herregestrasi peserta Konferwil dibuka pada pukul 14.00-16.30. Setelah herregestrasi, peserta dapat mengikuti pembukaan Konferwil ke-18 NU Jawa Timur pada pukul 19.30-21.00 di venue utama.

Selepas pembukaan, kegiatan akan dilanjutkan dengan sidang pleno I dengan pembahasan tata tertib pada pukul 21.30-23.30. Serta dilanjutkan dengan sidang komisi Bahtsul Masail hingga pukul 01.00.

Hari kedua, Sabtu (03/08/2024) kegiatan dimulai dengan ziarah maqbaroh muassis NU pada pukul 05.00-06.00.

Dilanjutkan dengan sidang pleno II tentang laporan pertanggungjawaban PWNU Jawa Timur pada pukul 08.00-11.30. Pukul 12.30-15.00, sidang komisi digelar meliputi komisi Bahtsul Masail, organisasi, program dan rekomendasi, serta tabulasi penghitungan AHWA

Secara aklamasi dan mufakat peserta muskerwil menetapkan KH Abdul Hakim Mahfudz menggantikan KH Marzuki Mustamar sebagai PJ ketua PWNU Jatim.

Sejatinya, masa kepengurusan KH Marzuki Mustamar sebagai ketua PWNU Jatim telah habis masa jabatannya sejak September 2023, namun kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara dari PBNU.

Rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf serta jajaran syuriah dan tanfidziyah ini bulat menerima pemberhentian Kiai Marzuki dan pengangkatan KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab dipanggil Gus Kikin.

Alasan penunjukan Gus Kikin sebagai Pj Ketua PWNU Jatim, dengan beberapa alasan. Pertama karena Gus Kikin telah berpengalaman, bahkan saat ini menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU.

“Apalagi beliau saat ini juga Pengasuh Pesantren Tebuireng dan juga cucu Hadratussyekh, insyaallah akan mampu menjalankan kepemimpinan organisasi dalam masa transisi ini,” kata Saifullah Yusuf Sekjen PBNU.


Laporan   :  Bed
Older Posts
Newer Posts
Admin Kabarrilis.com
Admin Kabarrilis.com Update berita aktual seputar ekonomi, sosial budaya, kriminal dan hukum, olahraga, pendidikan, pemerintah, peristiwa, politik, religi, wisata dan hiburan

Post a Comment