-->
24 C
en

Samisade Pematik Nyala Api Kobaran Semangat Warga Cengal Puraseda


Ipay, kabarrilis.com - Kabupaten Bogor | Proyek peningkatan jalan lingkar antar Kampung Cengal Girang dan Hilir, jadi spirit warga RW 10 didalam melakukan aktivitas kesehariannya yang tinggal di bawah Gunung Perang, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.


Pelaksanaan di pekerjaan peningkatan jalan lingkar antar Kampung Cengal RW 10, sepanjang 390 meter, dengan lebar 2,2 meter dan ketebalannya 0,03 centi meter (cm) anggarannya berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Kabupaten Bogor.


Bankeu Kabupaten Bogor yang akrab di sapa Samisade (Satu Milyar Satu Desa) Puraseda di tahun anggaran (ta) 2024 ini mendapatkan utuh Rp. 1.000.000.000,- (Satu Milyar Rupiah).


Anggaran 1 Milyar Rupiah dari Samisade Puraseda diaplikasikan dalam kegiatan pembangunan infrastruktur jalan lingkar Kampung pada tahap pertama sebesar 60 persennya senilai Rp. 600.000.000,- (enam ratus juta rupiah).


Kepala Desa (Kades) Puraseda Asep Ruhiat, pada Rabu 04 September 2024, kepada wartawan kabarrilis.com ketika meninjau lokasi pekerjaan menyatakan, hasil akhir proyek pekerjaannya mutlak untuk kemaslahatan masyarakat.


"Khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah RW 10 Kampung Cengal Hilir dan Girang, yang mencakup RT 01, 02 dan 03, total semua kelompok penerima manfaatnya ada 420 Kepala Keluarga," ungkapnya.


Lamanya yang dibutuhkan dalam proyek pekerjaan hotmix jalan lingkar Kampung Cengal Girang dan Hilir, menurut Asep mencapai 10 hari kalender.


"Saat ini hari ketiga untuk pekerjaannya, jika cuacanya bersahabat mungkin bisa sepuluh harian, tapi jikalau hujan bisa lebih dari yang diestimasikan oleh tim pelaksa kegiatan.


Terimakasih kami sampaikan atas nama masyarakat Cengal Girang dan Hilir RW 10, Desa Puraseda ke Bapak Pj. Bupati Bogor atas realisasi anggaran Samisade nya, sehingga manfaat dan Faedhnya itu bisa dirasakan langsung masyarakat," katanya.


Sementara menurut Wawan warga yang tinggal Kampung Cengal Hilir RT 01 / 10, mengaku sangat terbantu secara total semenjak wilayahnya dihotmix, Pemdes Puraseda.


"Awalnya jalan ini beton yang dibangun pada jaman lurah Awam sekitar ditahun 2018-an lalu dan sekarang dibangunnya oleh Bapak Asep Ruhiat lurah yang baru dengan hotmix.


Dengan seperti ini tentunya akses jalan pertanian jadi lebih enak, aman, lancar dan juga nyaman. Karena warga disini rata-rata petani, jadi dalam mengangkut hasil panen lebih mudah dan murah," ujarnya.


Menurut Wawan, warganya di Kampung  Cengal rata-rata petani yang memiliki lahan dan digarap oleh sendiri yang berupa kebun, sawah dan aneka tanaman buah -buahan.


"Apalagi kalau memasuki bulan Oktober, Durian adalah jenis buah yang banyak di sukai hampir oleh semua orang, disinilah centralnya yang dikunjungi pencinta buah tersebut," ujarnya kepada kabarrilis.com.

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment