-->
24 C
en

Subsektor 2 Sektor 2 Satgas Citarum Harum Melaksanakan Penanaman Bibit Pohon di Lahan Kritis.


Kabarrilis.com - Kabupaten Bandung | Lahan Kritis di Wilayah Satgas Citarum Harum Sektor -2 Kabupaten Bandung, melalui Subsektor-2 Desa Resmi Tinggal, bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan mencegah terjadinya longsor serta bertujuan untuk meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat yang terdampak.


Dansektor-2 bersama anggota Satgas Citarum Harum, terus menggarap lahan kritis yang berada di Petak-62 Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, petak-59 Desa Sukarame dan petak-60 Desa Sukapura Kec. Kertasari Kabupaten Bandung, dengan cara menanam pohon keras seperti pohon Kalindri, pohon kopi, pohon alba dan pohon alpukat, penanaman tersebut disampaikan oleh Komandan Sektor-2 kepada seluruh anggota Satgas agar kegiatan penanaman pohon tersebut.


Selain upaya pemanfaatan lahan kritis atau lahan tidak produktif menjadi produktif kembali juga sebagai upaya memelihara ekosistem di sepanjang bantaran sungai Citarum Harum dan Petak-59, 60 dan 62 yang menjadi tugas dan tanggung jawab semua pihak, dengan harapan adanya keseimbangan alam antara ekosistem sungai itu sendiri dengan ekosistem yang ada didarat (Bantaran sungai).


“Dansektor-2 bersama anggota Satgasnya, melakukan penanaman pohon keras dan pohon berbuah, tanaman tersebut merupakan hasil dari pembibitan dan penyemaian yang dilakukan oleh anggota Satgas Citarum Harum masing-masing Subsektor yang bekerjasama dengan dinas terkait". ujarnya.


Sesaat sebelum penanaman, lahan yang akan ditanami pohon keras tersebut terlebih dahulu dilakukan penyiraman dengan menggunakan pupuk formula BIOS-44 DC, yang telah difermentasi supaya tanah yang akan ditanami menjadi subur serta diharapkan pohon yang akan ditanam berkembang dengan maksimal.


Di tempat terpisah, Dansubsektor-2 Desa Resmi Tinggal, Serka Maman Suherman mengatakan, bahwa penanaman yang dilakukan harus berkelanjutkan dan pemeliharaan yang benar serta dilakukan penjangeran terhadap pohon-pohon tersebut, ini semua merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota Satgas Citarum Harum Sektor -2, semuanya itu atas Arahan dan Petunjuk dari Dansektor-2, Kegiatan pengarahan tersebut dilakukan disela-sela kegiatan pokok yaitu pembersihan sungai yang ada di Wilayah pemantauan Sektor -2 Satgas Citarum Harum.


Menurut Dansubsektor-2, kegiatan budidaya pohon pohon keras seperti pohon Kalindri, pohon jengkol dan pohon Alpukat ini merupakan usaha pemanfaatan lahan yang tidak produktif menjadi lahan yang produktif kembali, sekaligus sebagai sarana mengedukasi warga masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan dengan sebaik mungkin, sehingga mampu menambah nilai ekonomis, paling tidak untuk pemenuhan kebutuhan pokok rumah tangga contohnya buah jenis alpukat, petai dan kopi untuk konsumsi rumah tangga sehingga tidak perlu mengeluarkan uang kembali.


Selain itu juga dalam rangka mensosialisasikan pupuk formula Bios 44 DC. Sektor -2 Satgas Citarum Harum akan terus melakukan penanaman pohon keras atau pohon buah lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat selama masih adanya lahan-lahan yang tidak produktif atau kritis dengan memanfaatkan inovasi pupuk Formula BIOS-44 DC,” pungkasnya.

(Purwadhi JSI)

Sektor-2 Citarum Harum Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas Tetap Semangat.

Older Posts
Newer Posts

Post a Comment