-->
24 C
en

Mengenal Lebih Dekat Ustadz Khairul Anwar Mursan

KABARRILIS.COM | JAKARTA - Ustadz Khairul Anwar Mursan S.Pd.,  seorang guru ngaji putra asli Betawi  Kampung Bambu Larangan, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Sosok sederhana, ramah dari Ustadz Khairul Anwar Mursan dalam membina, menebarkan manfaat kajian ceramah agama Islam kepada masyarakat di sekitar Cengkareng, Kalideres dan Teluk Naga.

" Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman agama diantaranya Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Adanya keberagaman tersebut menjadi tantangan sekaligus potensi yang perlu dijaga,  dilestarikan dengan menerapkan nilai Pancasila sebagaimana yang tercantum pada sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.," kata Ustadz Khairul Anwar di Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Dalam keterangannya, Ustadz Khairul Anwar menjelaskan bahwa membina masyarakat dalam beragama itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

Pasalnya, Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya, etnis, bahasa, agama, dan adat istiadat. Keberagaman ini adalah salah satu ciri khas yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara paling beragam di dunia.

"Ajaran Islam mengungkapkan hidup damai, rukun dan toleran. Kerukunan umat beragama adalah kondisi dimana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong menolong, dan bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama," ujar Ustadz Anwar yang sejak kecil sudah dibekali pendidikan agama dan pandai berpidato diatas panggung.

Seiring berjalannya waktu, usaha dan  semangat dalam menyebarkan ajaran Agama Islam di beberapa masjid, musholla dan majelis taklim di Kalideres, Cengkareng & Teluk Naga. 

Salah satunya di Masjid Baitul Muttaqin,  Kampung Rawa Terong, Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres.

M. Hilaluddin Romdhoni, salah satu jama'ah Ustadz Khairul Anwar mengatakan bahwa beliau ini salah satu guru ngaji kampung tapi rasa Nasional. Sederhana penampilannya tapi keilmuannya luar biasa.

" Ustadz Khairul Anwar Mursan sangat gigih semangat dalam mengajar ngaji, ditambah dalam menyampaikan ceramah agama suaranya sangat lantang dan asyik cara penyampaiannya," ujarnya.

Penampilannya yang sederhana terkadang membuat sebagian orang hanya memandang sebelah mata. Bahkan sampai sampai suatu ketika Ustadz Khairul Anwar ada panggilan ceramah di suatu tempat, ia duduk didekat pintu masuk dan tidak ada orang atau panitia yang tahu kalo beliau lah yang nantinya akan menyampaikan ceramah agama.

Berikut Majelis Taklim Asuhan Ustadz Khairul Anwar Mursan, diantaranya :
- Majelis Taklim Mingguan Masjid Baitul
Muttaqin Rawa Terong Kelurahan Kamal,
Kecamatan Kalideres ;
- Majelis Taklim Al-Hakim Kubah Lima Pedongkelan Cengkareng ;
- Majelis Taklim Tarbiyatul Mubtadiin Kebon Cau Teluk Naga ;
- Majelis Taklim An - Nida Linahdlatil Ulama ;
- Majelis Mudzakarah Kutub Turats Teampea Rawa Terong Kamal Kalideres. 

Besar harapan akan Ustadz Khairul Anwar  agar  mudawamah konsisten selalu dalam mengajar pengajian & ceramah agama Islam dalam membina masyarakat & menebar manfaat. 

Suhatno
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment